Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ambil Gambar ala Kamera Bokeh untuk Konten Estetik



Mengambil gambar menggunakan efek kamera bokeh tidak hanya memerlukan perangkat saja, tetapi juga harus memahami bagaimana cara mengambil gambarnya. Tidak harus menggunakan DSLR canggih, tetapi menggunakan kamera ponsel juga bisa.

Kunci dari pengambilan gambarnya adalah mengetahui dasar – dasar fotografi bukan hanya sebatas perangkat saja. Selain itu pemahaman tentang komposisi, warna, perspektif, serta obyek juga mampu meningkatkan kualitas hasil jepretan kamu.

Saat ini tidak hanya tentang sosial media atau exposure diri saja, visual sudah merambah ke berbagai bidang salah satunya pemasaran. Bagaimana meningkatkan awareness dan meningkatkan ketertarikan pelanggan adalah melalui desain visual yang menarik serta komunikatif.

Tips Mengambil Gambar Kamera Bokeh Menggunakan DSLR

DSLR menjadi senjata utama dalam fotografi, selain karena memiliki kemampuan pengambilan gambar yang baik, juga memang menjadi standar gambar yang tajam dan jernih. Ada banyak sekali pengaturan dan mode di DSLR, apabila kamu ingin mencoba efek kamera, ini tipsnya.

1.      Menggunakan Mode Aperture

Aperture memungkinkan kamu mengubah dari mode auto menjadi mode manual, ini bisa membantu menentukan obyek mana yang hendak difokuskan. Lensa memiliki batasan maksimal dan minimal aperture, nanti menentukan hasil jepretannya.

Pastikan menggunakan kamera bokeh dengan aperture rendah, biasanya kamera prima memiliki build sederhana tetapi aperturenya rendah. Cocok untuk menghasilkan efek bokeh serta menonjolkan satu obyek pada gambarnya.

2.      Gunakan Bukaan Lebar

Agar hasilnya maksimal, gunakan bukaan lebar serta atur fokusnya hanya pada obyek utamanya saja. Berikan jarak agak kecil antara lensa dengan obyeknya agar tidak banyak menangkap obyek dalam satu frame.

Tujuan mengarahkan fokus pada obyek adalah memastikan bahwa obyeknya jelas tetapi backgroundnya secara otomatis berubah menjadi blur atau bokeh. Agar lebih cantik, pastikan memilih background dengan beberapa kilatan cahaya, akan terlihat balon – balon cahaya unik.

3.      Aturlah Jarak Antara Obyek dengan Background

Pengaturan jarak antara obyek dengan background juga bisa menjadi peranan penting apabila ingin meningkatkan hasil blurnya tetapi tetap terlihat natural. Semakin jauh antara obyek dengan backgroundnya, maka semakin blur hasilnya.

Hindari juga latar belakang terlalu kompleks apabila jaraknya tidak bisa dijauhkan, agar obyek utama tetap terlihat menonjol. Fungsi dari bokeh adalah menonjolkan subyek utamanya, sehingga apabila ada yang menghalangi, eliminasi agar hasilnya tetap estetik.

Mengambil Gambar Kamera Bokeh Menggunakan Ponsel Khusus

Selain menggunakan DSLR, ponsel juga bisa menjadi alternatif apabila ingin menghasilkan gambar bokeh tanpa harus mengeluarkan modal besar membeli lensanya. Beberapa alternatif ponsel berikut biasanya cocok digunakan sebagai pengganti DSLR, yaitu :

1.      Oppo Reno6 Pro

Oppo Reno 6 Pro merupakan salah satu ponsel dengan kekuatan pengambilan gambar paling ideal untuk menghasilkan efek bokeh. Hal ini tidak terlepas dari AI yang melekat pada software serta kameranya, bahkan tidak hanya mengambil gambar, tetapi bisa juga mengambil video.

Prinsip dasar bagaimana AI ini bekerja adalah membedakan antara obyek dengan backgroundnya, kemudian memfokuskannya pada titik tengah sehingga tidak kehilangan fokusnya. Pengaturan warna juga dibantu AI agar hasilnya terlihat lebih natural tetapi estetik.

Untuk menggunakan fiturnya, tinggal memencet tombol kameranya saja, setelah itu masuk ke mode bokeh flare portrait video. Sistem akan segera mengidentifikasi subyek serta melakukan tugasnya membuat sinematik kamera bokeh yang sangat menarik.

2.      Samsung Galaxy S21 Ultra

Alternatif lain adalah flagship dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy S21 Ultra, digadang sebagai ponsel dengan fitur bokeh paling canggih. Bahkan helai rambut seseorang bahkan terlihat jelas, tidak ikut terblur bersama dengan backgroundnya.

Proses pengambilan gambarnya tidak terlepas dari peranan kameranya, yang memiliki 3 tahapan pemetaan atau lebih dikenal dengan tri-map. Pertama adalah segmentasi, membedakan obyek dan backgroundnya, kedua adalah mating, berusaha menentukan area abu.

Ketiga adalah bagian paling penting, yaitu estimasi jarak antara subyek dengan background, nanti memberikan efek kedalaman serta ketajaman dalam menghasilkan gambarnya. Ketiga tahapan ini bekerja secara simultan dalam waktu singkat, praktis sekali.

Tips Mengambil Gambar Kamera Bokeh Menggunakan Ponsel Biasa

Apabila tidak memiliki kedua perangkat tadi, tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan kamera ponsel biasa yang tidak memiliki fitur bokeh secara khusus. Namun kamu juga harus memahami bagaimana trik fotografi dan komposisi bekerja, berikut tipsnya :

1.      Pastikan Hanya Sedikit Obyek Saja

Karena fokusnya adalah pada salah satu subyek, maka usahakan mengatur set up agar hanya satu subyek dalam satu frame, sisanya adalah background. Sama seperti ketika menggunakan DSLR, semakin dekat subyek dengan kameranya semakin baik.

Pastikan tidak menggunakan background dengan banyak motif, karena akan menyulitkan kamu ketika melakukan editing dan fitering. Mengingat background tidak langsung terlihat blur ketika kamu jepret dengan ponsel biasa.

2.      Perhatikan Komposisi dan Story Tellingnya

Fotografi tidak hanya sekedar mengambil gambar indah melalui kamera bokeh saja, tetapi berusaha menceritakan suatu pesan atau ide. Karenanya pastikan telah memperhitungkan komposisi dan story tellingnya, mengapa obyek satu lebih dekat dari lainnya.

Komposisi juga harus memperhatikan kombinasi warnanya, gunakan setema atau satu color palet agar hasilnya saling mendukung. Bisa juga komplementari, tetapi risikonya sedikit kontras, harus pandai mengambil sudut pandang paling sesuai.

3.      Pastikan Hasil Jepretan Jernih

Tips terakhir adalah pastikan hasilnya jernih, terutama obyek utamanya, karena apabila hasilnya kurang jernih, melalui proses editing yang bagaimanapun hasilnya tetap tidak bagus. Malah akan terlihat melebur karena sama – sama memiliki hasil yang blur.

Tips Editing Foto Kamera Bokeh Agar Hasil Estetik

Cara terakhir apabila ingin menghasilkan gambar bokeh adalah dengan melakukan editing, selain memberikan efek bokehnya, juga bisa melakukan koreksi warna pada obyeknya. Agar hasilnya optimal harus memastikan memberikan efek yang tepat.

1.      Gunakan Koreksi Warna Sesuai Tema

Koreksi warna bisa saja membuat gambar lebih warm, lebih seragam, atau memberikan nuansa tema tertentu. Tetapi usahakan setema dengan pesan yang hendak disampaikan, apabila menyampaikan kesan estetik, gunakan warna pastel dan soft.

Apabila ingin menunjukkan gambar nuansa tegas, penggunaan warna gelap seperti hitam putih bisa menjadi pilihan, nuansa vintage, cream bisa menjadi pilihan. Mainkan juga saturasi dan huenya agar mendapatkan hasil yang lebih menarik serta unik.

2.      Pastikan Tidak Berlebihan dalam Blur

Apabila menggunakan ponsel biasa, hal yang harus diperhatikan adalah ketika melakukan editing atau memberikan efek blurnya. Terkadang karena saking semangatnya ingin menghilangkan background dengan efek bokeh, hampir semuanya di blur hingga tidak terlihat sama sekali.

Padahal esensi bokeh tidak demikian, pertama pahami terlebih dahulu obyeknya, mana yang menjadi fokus dan mana yang menjadi background. Kedua cara bokeh bekerja tidak hanya sekedar bluring saja, tetapi simplifikasi cahaya menjadi bulatan – bulatan cantik.

Pastikan kedua ciri khas tersebut tetap bisa melekat pada hasil editingnya, apabila tidak, disarankan melakukan editing ulang atau bahkan take gambar ulang. Ada kemungkinan komposisinya kurang tepat.

Efek bokeh menjadi salah satu efek paling digemari penggemar sosial media, karenanya mengetahui cara membuatnya menjadi nilai unggul tersendiri. Efek kamera bokeh tidak hanya bisa diciptakan dari DSLR saja, tetapi juga bisa dari kamera hp biasa.

 

 

 

Kata kunci : kamera bokeh

Meta Deskripsi : membuat efek kamera bokeh tidak hanya dari kamera DSLR saja, tetapi juga bisa dari ponsel biasa, memanfaatkan teknologi editing yang berkembang

 

Post a Comment for "Tips Ambil Gambar ala Kamera Bokeh untuk Konten Estetik"