Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Galaxy S21 Series dan Review Bokeh Fitur Kameranya

 


Samsung Galaxy S21 menjadi salah satu rekomendasi review bokeh, karena berbagai fitur kameranya yang senantiasa ditingkatkan. Bahkan menjadi salah satu buruan bagi pecinta fotografi terutama phone photography untuk mengabadikan obyek yang menarik.

Visual dan gambar, saat ini menjadi bagian konten yang menarik serta diminati oleh audiens, mulai dari gambar tentang kucing lucu, pemandangan, atau foto produk. Bahkan faktor visual menjadi salah satu komponen paling penting bagi marketing.

Teknik – teknik fotografi seperti blur, food photography, exposure, dan bokeh senantiasa dikembangkan agar bisa mencapai hasil maksimal. Terutama tidak hanya menangkap momen, tetapi digunakan sebagai alat yang powerful dalam bidang marketing.

Spesifikasi Kamera Samsung Galaxy S21 untuk Fotografi dan Review Bokeh

Berbicara tentang S series, tentu sudah tidak asing dengan versi pendahulunya, yaitu S20, S20+ atau S20 Ultra. Terkenal karena ketajaman kameranya dan performanya, menjadi salah satu flagship paling dicari – cari oleh para pecinta fotografi.

Sama seperti flagship lainnya, Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki 4 kamera utama di bagian belakang serta 1 kamera selfie di bagian depan. Untuk spesifikasi kameranya sendiri, memiliki kekuatan sebesar 108 MP bagi kamera wide range dan 12 MP ultra wide range.

2 kamera lainnya adalah telephoto dengan kekuatan masing – masing adalah 10 MP, memungkinkan melakukan zoom berkualitas tinggi dan jernih. Bahkan fitur terbarunya, mengombinasikan kedua lensa untuk menghasilkan perbesaran 100x, hasilnya jauh lebih jernih.

Kameranya sendiri juga telah dilengkapi dengan HM3 sensor, memungkinkan menangkap gambar lebih apik dibandingkan HDR biasa. Permasalahan seperti adanya ghosting atau bayang – barang pada obyek bergerak bisa diminimalisir.

Selain mengandalkan tentang perangkat keras kameranya juga mengandalkan AI untuk mengoptimalkan setiap hasil jepretannya. Berbagai noise mulai diminimalisir, sehingga jepretan bisa tampak lebih jernih, menarik, serta estetik.

Auto fokus juga mulai dikembangkan lebih baik lagi, memungkinkan kameranya menangkap subyek lebih detail serta memisahkannya dari background. Ini menjadi salah satu poin review bokeh dari Samsung S21 Ultra, karena bokehnya jauh lebih cantik dari flagship lainnya.

Salah satu yang menjadi permasalahan dengan pengambilan bokeh menggunakan kamera ponsel adalah kurang tegas dalam membedakan subyek dan background. Bahkan menyatu, hal ini tidak terjadi pada galaxy S21 ultra. Bahkan guratan rambut juga bisa terpisahkan dengan baik.

Review Bokeh : Bagaimana Kamera Samsung Galaxy S21 Bekerja

Hasil natural efek bokehnya tidak terlepas dari pengaruh sistem kamera Samsung Galaxy S21 ultra, terlebih dalam smartphone barunya ini Samsung menunjukkan betapa canggih fitur AI-nya dalam menangkap kedalaman detail obyek gambarnya.

Dalam proses penangkapan tersebut ada beberapa hal yang dilakukan oleh AI-nya, mulai dari mengenali obyek manusia, hewan, hingga mengenali backgroundnya. Proses akhirnya adalah memisahkan obyek dengan backgroundnya secara sempurna.

1.      Mengenali Obyek

Salah satu fitur AI paling berkembang dari Samsung adalah pengenalan obyeknya, mulai dari mengenali wajah, mengenali manusia, hewan, dan obyek mati. Prinsipnya sederhana, yaitu kamera akan meng-highlight obyeknya kemudian melakukan identifikasi.

Tujuan dari pemetaan dan pengenalan tersebut adalah memungkinkan menangkap obyeknya secara jelas serta mengatur pewarnaannya agar tampil lebih optimal. Menghindari berbagai gangguan sinar seperti ambient light yang terpantul melalui lingkungan.

2.      Tri-Map

Cara kerja berikutnya adalah kunci nilai review bokeh Samsung Galaxy S21 Ultra sangat bagus sekali. Prinsip kerjanya disebut dengan Tri-Map, karena melalui 3 tahap pemetaan gambar agar bisa memisahkan background dan obyek secara optimal.

Bahkan optimasinya mampu membuat helai-helai rambut seseorang yang ada di dalam frame terlihat jelas, tidak terkena efek bokeh atau blur dari kameranya. Permasalahan ini sering sekali dialami oleh kamera flagship lain, tetapi diatasi dengan baik oleh Samsung Galaxy S21 Ultra.

Tri-map, tahapan utamanya adalah pertama memetakan segmentasi obyek, hasilnya disebut sebagai seed map. Langkah kedua adalah mating, yaitu pemisahan obyek secara mendetail, pada tahap ini helai rambut bisa terlihat jelas.

Tahap terakhir adalah estimasi, sebuah prosedur untuk menilai seberapa jauh jarak obyeknya dengan background, nantinya akan memberikan depth pada hasil potretnya, terlebih apabila menggunakan fitur bokeh, hasilnya lebih estetis.

Hasil Review Bokeh yang Baik Ditunjang Oleh Mesin Terbaik

Salah satu besutan terbaik dari Samsung ini memiliki mesin canggih, sehingga memungkinkan menggunakan berbagai AI untuk menghasilkan jepretan berkualitas tinggi. Salah satunya adalah menggunakan chipset Exynos 2100 octa-core.

Pada produksi khusus USA maupun China, tidak menggunakan Exynos, tetapi menggunakan chipset paling cepat yaitu snapdragon 885 octa core. Dengan menggunakan chipset terbaik ini, memungkinkan melakukan proses secara cepat, termasuk tri-map pada bokeh.

Memori RAM juga tergolong tinggi untuk ponsel pada tingkatan high-end atau flagship, yaitu 12 GB, apabila kurang bisa meningkatkannya hingga 16 GB. semakin besar memori RAM, semakin banyak proses yang bisa dijalankan oleh ponselnya, termasuk proses pengambilan gambar.

Kekuatan poin review bokeh paling unggul adalah penggunaan AI dalam melakukan tracing obyek hingga memisahkannya dari background. Melalui proses tersebut didapatkan depht atau kedalaman pemahaman terhadap grafik, pada akhirnya bisa menghasilkan jepretan gemilang.

Tidak hanya melakukan bluring sebagaimana pada perangkat digital lainnya, tetapi benar – benar mengaburkan sesuai dengan tingkat status obyeknya. Efek ini menghasilkan gambar serupa apabila menggunakan kamera ber-aperture tinggi.

Efek tajam seperti itu juga merupakan salah satu bentuk pembuktian bahwa Samsung memang memperhatikan hardware ponselnya. Memang Samsung bukan berfokus pada fotografi, tetapi berbagai fiturnya mulai mengembangkan kesempatan ke arah phone photography.

Review Bokeh dan Fitur Kamera Lainnya

Selain mampu menciptakan filter bokeh jauh lebih hidup dibandingkan pendahulunya, ia memiliki terobosan serta optimasi paling menarik dibandingkan produk Samsung lainnya. Terobosan tersebut dinamai sebagai Single Shot Mode.

Terobosan tersebut memungkinkan kamu menangkap banyak gambar atau merekam sekaligus dalam waktu singkat, sekitar 10 detik, kemudian mengolahnya menggunakan bantuan AI untuk mempercantik hasil jepretannya.

Beberapa gambar atau momen fail bisa terhapus secara otomatis, sehingga bisa menampilkan shot sangat cantik tanpa harus memahami berbagai jenis dan teknik fotografi. Bahkan fitur ini bisa menjadi salah satu tools editing berkelas apabila ingin membuat sinematik sederhana.

Ada beberapa nama untuk menyebutkan hasil editing menggunakan AI ini, pertama adalah boomerang, kedua adalah highlight, dan ketiga adalah dinamic slow-mo. Masing – masing feature tersebut menyajikan hasil jepretannya sudah dalam kondisi jadi, sehingga tidak ribet.

Selain tiga hal tersebut, Samsung mengembangkan GAN, Generative Adversarial Network, memungkinkan mengganti warna langit seperti timelapse 24 jam. Hal ini memungkinkan kamu tidak harus merekam dalam waktu lama lagi, hanya perlu mengambil beberapa foto saja.

Kecanggihan dalam pengambilan gambar tersebut yang membuat orang tertarik, meskipun bukan ponsel khusus fotografi, tetapi kesadaran akan penggunaan aset digital dan visual, membuat Samsung mengembangkan kameranya ke level paling tinggi.

Visual menjadi kunci penting saat ini, terutama di bidang marketing, bagaimana cara menarik audiens agar mau mencoba berbagai produknya adalah dengan memanfaatkan visual. Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki nilai review bokeh tinggi, karena jepretannya memang kualitas tinggi.

 

 

 

 

Kata kunci : review bokeh

Meta Deskripsi : Samsung Galaxy S21 mendapatkan penilaian hasil dari review bokeh kameranya, menggunakan teknologi AI untuk meningkatkan kedalaman jepretannya

Post a Comment for "Samsung Galaxy S21 Series dan Review Bokeh Fitur Kameranya"